Optimalkan Pelaksanaan Jamsostek, Wabup Ciamis Terima Audiensi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjar

posted in: Kabar Ciamis | 0
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menerima audiensi Ketua BPJS Cabang Banjar, Maulana Ridwan terkait Implementasi Inpres No. 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Opproom Setda, Kamis, 19/08/2021.

Ciamis,- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menerima kunjungan audiensi perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjar bertempat di ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis (19/08/2021).

Audiensi tersebut membahas tentang Kerjasama Operasional (KSO) antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Ciamis mengenai implementasi Instruksi Presiden No. 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Diketahui dalam Inpres tersebut mengintruksikan agar semua pihak (termasuk Kepala Daerah) mengambil langkah yang diperlukan sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing dalam mendukung implementasi Jamsostek.

Seperti halnya membuat regulasi pendukung termasuk pengalokasian anggaran masing-masing.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan sesuai dengan Inpres No. 2 Tahun 2021 dari jajaran Pemkab siap melaksanakan tentunya dengan berbagai catatan.

“Kami menyadari sekali, program ini sangat bermanfaat, namun juga disisi lain kondisi anggaran kita saat ini sangat terpukul sekali akibat adanya refocusing,” ujar Yana D. Putra.

Walaupun begitu, Wakil Bupati Ciamis menyampaikan, pemerintah mempunyai niatan baik meski secara bertahap menyesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada.

“Dengan adanya pandemi ini dampaknya sangat luar biasa, meski tidak secara sekaligus kami akan melaksanakan program ini secara bertahap. Hal ini akibat kemampuan anggaran yang terbatas,” ungkapnya.

Sebelumnya, ujar Yana D Putra, pemerintah telah menganggarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk 600 RT/RW dari total 11 ribu RT/RW yang ada namun akibat adanya refocusing tencana tersebut menjadi tertunda.

Sementara untuk para pengusaha, Wakil Bupati Ciamis mengaku pemerintah telah mendorong mengupayakan agar dapat mengikuti BPJS Ketenagakerjaan .

“Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir sehingga semua dapat normal kembali termasuk anggaran, ” tandasnya.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjar, Maulana Ridwan mengatakan saat ini Kabupaten Ciamis menjadi pelopor bagi kabupaten lain, ujarnya.

“Hal itu karena sebanyak 285 desa dan perangkat desanya telah menjadi peserta di BPJS Ketenagakerjaan sehingga menjadi contoh bagi Kabupaten lain,” jelasnya.

Ridwan menerangkan, saat ini sebanyak 8.000 honorer sudah masuk jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran hanya 10 ribu rupiah.

Ridwan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Ciamis karena selama ini telah ikut mendorong kelancaran dan terlaksananya program BPJS Ketenagakerjaan.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 59 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]