Launching Desa Sukaraja Sindangkasih Sebagai Pionir Desa Digital yang Terapkan Full Online Payment QRIS Pertama se-Indonesia

posted in: Kabar Ciamis | 0
Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang menghadiri Launching Desa Digital di Desa Sukaraja Sindangkasih, Jum’at, 20/08/2021. Desa Sukaraja merupakan pioner desa digital di Indonesia.

Ciamis,- Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang hadiri launching Desa Digital di Desa Sukaraja Kecamatan Sindangkasih Ciamis, Jum’at, 20/08/21.

Diawal acara, disampaikan H. Tatang bahwa ini merupakan hari yang membahagiakan terutama bagi Pemerintah Kabupaten Ciamis yang telah melakukan perluasan digitalisasi dengan merilis secara resmi Desa Digital Sukaraja di Kecamatan Sindangkasih Ciamis. Ceo Neztme Indonesia mengatakan perlu proses dalam mewujudkan desa digital di Desa Sukaraja ini hingga kini Desa Sukaraja berhasil menjadi desa digital.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ciamis mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Sukaraja Kecamatan Sindangkasih, Bank Indonesia Tasikmalaya, serta PT. Netzme Kreasi Indonesia dan seluruh pihak yang telah terlibat dan hadir pada kegiatan hari ini yang telah berkontribusi dalam memperluas digitalisasi serta berupaya untuk mendorong perekonomian daerah Kabupaten Ciamis melalui pembentukan Desa Digital Sukaraja,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa perluasan digitalisasi ini menjadi salah satu poros utama akselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Ciamis yang inklusif dan mampu mendukung terbentuknya ekosistem digital yang efektif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat bahkan hingga ke level desa, tambah H. Tatang.

“Kami sangat mengapresiasi upaya serta inisiatif yang telah dilakukan oleh seluruh perangkat desa dan Bumdes yang bekerja sama dengan Bank Indonesia dan PT Netzme Kreasi Indonesia dalam menginisiasi langkah digitalisasi transaksi masyrakat di level desa,” ujarnya.

Menurutnya, perkembangan tersebut merupakan langkah tepat untuk mendorong sinergi Pemerintah Kabupaten dengan perangkat desa dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam memperkuat akuntabilitas serta transparansi pengelolaan dana desa dan dana transfer pemerintah di desa untuk kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi perdesaan.

Sementara Camat Sindangkasih, Rina Takarina menambahkan desa digital merupakan gerbang dalam membangun desa bukan hanya dalam pelayanan termasuk bumdes yang kami miliki yang memberikan pelayanan dalam bentuk pelayanan digital seperti bank sampah, dan pelayanan usaha lainnya. Jelasnya

Desa Digital Pertama di Indonesia

Kepala Desa Sukaraja Utuy Suyaman menjelaskan mengapa Desa Sukaraja bisa menjadi desa digital karena visi kami setelah kami sebelumnya di tahun 2018 ada kampung yang sudah menjadi kampung digital pertama di Indonesia tidak hanya di Kabupaten Ciamis. Jelas Utuy

“Sudah 2000 barcode QRIS, bank sampah, kedepan akan di upayakan air, listrik termasuk pendistribusian PKH,” jelas Utuy.

Perwakilan Kantor BI Tasikmalaya, Yuda Wirawan mengatakan konsep desa digital di Desa Sukaraja adalah keinginan untuk meningkatkan tata kelola desa dalam hal peningkatan pendapatan desa.

“Latar belakang mendorong desa digital adalah percepatan ekonomi tingkat desa, konsepnya adalah terbangunnya rantai nilai ekosistem dalam pemanfaatan digital,” jelasnya.

Hal ini yang telah berhasil diwujudkan oleh Desa Sukaraja Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis yang telah berhasil menjadi satu-satunya desa digital yang ada di Indonesia, Ungkap Yuda Wirawan

“Pengembangan desa digital pasti akan melibatkan seluruh pihak namun dengan tugasnya masing-masing,” tutupnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 218 times, 3 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]