Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Ciamis Segera Digelar, Ini Ketentuannya

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan sambutan pada rakor persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara virtual dari opproom Setda, Senin, 23/08/221. Direncanakan PTM akan dimulai pada awal September 2021.

Ciamis,- Terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Sekolah di Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis sebut akan dimulai awal bulan September mendatang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya pada Rapat Koordinasi bersama yang diikuti Camat, Korwil Pendidikan serta Kepala sekolah mulai jenjang PAUD, SD, SMP hingga SMA secara virtual, Senin, 23/08/21.

Disampaikan Bupati Herdiat, persiapan PTM secara langsung Insya Alloh akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Kabupaten Ciamis kondisi saat ini berada di level 3, dimana sesuai dengan Permendagri nomor 80 Tahun 2021, kategori daerah yang berada di level 3 boleh mleaksanakan PTM atau daring sesuai dengan kondisi daerah, dalam arti PTM dilaksanakan secara terbatas, jelas Bupati.

“Dalam Permendagri nomor 30 dan 34 dikatakan bahwa PTM bisa dilaksanakan secara terbatas, artinya kita akan melihat zonasi-zonasi di tingkat sekolah di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Bupati juga menginformasikan bahwa Kabupaten Ciamis mempunyai penilaian atau level untuk setiap kecamatan berdasarkan level 3 dan 4.

“Kita mohon maaf tidak akan merekomendasikan PTM secara langsung di level 3 dan 4, tetapi yang berada di level 2 dan 1 kita akan uji coba PTM secara langsung,” terangnya.

PTM secara langsung berdasarkan Permendagri Nomor 30 dan 34 sebetulnya hari ini sudah boleh dilaksanakan PTM secara tatap muka, ujar Bupati Herdiat.

“Namun karena belum sepenuhnya siap, kita akan perpanjang kesiapan kita satu minggu kedepan dan mulai akhir tanggal 31 (Agustus) kita akan laksanakan PTM secara langsung di zona level tertentu,” jelasnya.

Sterilisasi Sekolah

Hal senada disampaikan Kadisdik Ciamis, Asep Saeful Rahmat, menjelaskan bahwa alasan pembelajaran di perpanjang satu minggu kedepan adalah sebagai langkah persiapan seluruh sekolah dalam mensterilisasi sekolah yang sekolahnya digunakan sebagai tempat isolasi terpusat di setiap kecamatan, ujarnya.

Selain itu, kebersihan sekolah, penyedian protokol kesehatan, verifikasi guru yang sudah di vaksin dan pembentukan satgas covid-19 di sekolah, imbuhnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemantauan kami, terkait persiapan ini ada beberapa sekolah yang belum siap.

“Tentu kita perlu menata, mereview dan mengevaluasi kembali terutama daerah daerah yang masuk kepada kategori level 4, 3 dan 2 untuk mempersiapkan PTM secara langsung,” terangnya.

Vaksinasi

Sementara Kadinkes Ciamis, dr. Yoyo mengatakan pihaknya setuju dan sangat mendukung terhadap PTM secara langsung sesuai zonasi.

“Terkait kesiapan setiap sekolah nanti, kami sarankan pertama selain guru yang harus sudah di vaksin, untuk para siswa dan siswi juga seluruhnya dapat melaksanakan vaksinasi di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Yoyo menambahkan, di samping kesiapan lainnya seperti sarana dan prasarana sekolah yang memadai, pembentukan satgas covid-19 di sekolah, dan ketersediaan protokol kesehatan,” tutupnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 4,735 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]