Faktor Usia, Jembatan Cirahong Ditutup, PT. KAI Masih Ijinkan Roda 2 dan Pejalan Kaki

posted in: Kabar Ciamis | 0
Sebuah spanduk berukuran besar di pintu masuk Jembatan Cirahong arah Manonjaya Tasikmalaya bertuliskan penutupan akses roda 4 terhitung mulai tanggal 1 September 2021.

Ciamis,- PT. Kereta Api Indonesia (KAI) hari ini Jumat, 27/08/21, secara resmi menutup jembatan penyebrangan kendaraan Cirahong di bawah rel kereta api milik PT. KAI dikarenakan usia jembatan yang sudah 128 tahun.

Melalui Manager Humas PT. KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo saat ditemui di lokasi mengatakan penutupan ini dilakukan hanya untuk kendaraan roda 4 saja sedangkan untuk kendaraan roda 2 dan pejalan kaki masih diperbolehkan untuk melintasi jembatan kereta api Cirahong.

Kuswardoyo mengatakan langkah ini diambil semata hanya untuk menjamin keselamatan baik dari penumpang kereta api yang melintasi jembatan maupun para pengendara roda 4 yang melintasi jembatan kereta Cirahong.

“Karena ini adalah jalur kereta api dan fokus kami PT. KAI adalah memastikan keselamatan perjalanan kereta api dan juga keselamatan pengendara yang ikut melintas,” ungkap Kuswardoyo.

Lebih lanjut, Kuswardoyo mengatakan jembatan kereta yang telah berusia tua lebih dari 100 tahun sangat rentan dan beresiko untuk dipergunakan.

“Bulan Juli kami lakukan perbaikan, lalu pada bulan Agustus ini kami lakukan uji pembebanan untuk mengevaluasi kelayakan dilalui kendaraan dan ternyata dari uji pembebanan, hanya bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda 2,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kuswardoyo menjelaskan bahwa berdasarkan Rekomendasi dari KNKT bahwa jembatan di atas 100 tahun harus dilakukan objek keselamatan.

“Kami dari Daop 2 Bandung memiliki 1511Jembatan dan 1076 diantaranya berusia di atas 100 tahun termasuk Jembatan Cirahong ini,” jelas Kuswardoyo.

Sementara itu Kabid Lalin Dishub Kabupaten Ciamis, Enda Hidayat saat ditemui di lokasi mengatakan Dishub telah diajak untuk bertemu dan membahas penutupan jembatan ini pada Senin, 22 Agustus lalu dan dari Dishub sendiri mengharapkan jembatan Cirahong masih bisa dilalui kendaraan roda 4.

Enda mengatakan hal ini tidak terlepas dari akan terhambatnya akses lalu lintas warga sekitar serta untuk menghindari kepadatan arus pada jalur lain akibat penutupan ini.

Namun Enda mengatakan apabila memang hasil evaluasi dari PT. KAI menyatakan jembatan Cirahong saat ini beresiko bagi pengendara roda 4, maka Dishub akan mengikuti hasil evaluasi tesebut.

Sementara itu Kepala Desa Panyingkiran, H. Soleh menginformasikan kepada warganya bahwa saat ini Jembatan Cirahong ditutup bagi kendaraan roda 4.

Ia menghimbau kepada warganya yang memiliki kendaraan roda 4 untuk mulai memilih jalan lain sebagai pengganti akses Jembatan Cirahong yang ditutup.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 395 times, 4 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]