Bupati Ciamis Optimis Visi Misi Akan Tercapai di Sisa Masa Jabatannya

posted in: Kabar Ciamis | 0
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menanggapi aksi yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Ciamis terkait penegakan otonomi daerah, Rabu, 01/09/2021.

Ciamis,- Meski masih di tengah pandemi Covid-19, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya optimis bisa mewujudkan visi dan misi Kabupaten Ciamis di sisa akhir masa jabatannya.

Hal tersebut disampaikannya saat menanggapi aksi yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis terkait penegakkan Otonomi Daerah di gerbang masuk Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Rabu (1/9/2021).

“Pencapaian visi misi kita sedang berjalan, kami menjanjikan terkait program unggulan akan dipenuhi sampai periode habis,” ujar Bupati Herdiat.

“Sampai sekarang, visi misi sudah sesuai target meski masih ada kekurangan,” imbuhnya.

Menurutnya, pada masa pandemi, pemulihan ekonomi salah satunya melalui pembangunan infrastruktur harus berjalan bersama dengan penanganan Covid-19, karena pertumbuhan ekonomi pun harus sama dibarengi.

“Dimasa pandemi ini pemulihan ekonomi perlu dibarengi dengan penanganan Covid-19,” ucapnya.

Kaitannya dengan otonomi daerah dalam penerapan kebijakan penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Bupati Herdiat menanggapi perlu dilakukannya optimalisasi otonomi daerah secara utuh.

“Kita harus mentaati aturan UU yang lebih tinggi. Dalam membuat Perda (Peraturan Daerah) harus sejalan dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” terangnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan otonomi daerah, Pemkab Ciamis telah melaksanakannya semaksimal mungkin agar bisa mandiri.

Namun, Herdiat mengakui Ciamis masih ketergantungan dengan Pemerintah Pusat dalam hal anggaran.

“Ciamis saat ini dalam hal anggaran masih bergantung dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

“Kondisi PAD yang baru bisa mencapai 260 miliar sedangkan anggaran dibutuhkan sampai 2 triliun. Sehingga Ciamis sangat tergantung dengan alokasi dana dari Pemerintah Pusat,” tutupnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 77 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 4 Average: 5]