Kepala BTN Cabang Tasikmalaya Paparkan Program KPR Tapera kepada Wakil Bupati Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menerima audiensi dari Kepala BTN Cabang Tasikmalaya terkait Program KPR Tapera, Rabu, 08/09/2021.

Ciamis,- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menerima audiensi dari jajaran Direksi Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Tasikmalaya di Oproom Sekretariat Daerah Ciamis, Rabu (8/9/2021).

Kehadiran jajaran Direksi dari BTN Cabang Tasikmalaya dalam rangka sosialisasi KPR BTN Tapera yang disampaikan langsung oleh Kepala BTN Cabang Tasikmalaya, Sulistio.

Sebagai informasi, Program KPR Tapera merupakan program pemerintah, atas kolaborasi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dan Perum Perumnas.

Melalui program tersebut, masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah dengan berbagai manfaat dan kemudahan.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Cabang BTN Cabang Tasikmalaya Sulistio, untuk tahap pertama proyek inisiasi Penyaluran Pembiayaan Tabungan Perumahan Rakyat ini ditujukan bagi para ASN, dengan target 11.000 unit rumah dibiayai melalui KPR Tapera.

“Audiensi kami dalam rangka sosialisasi kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis khususnya para ASN yang belum memiliki rumah untuk agar membeli rumah dengan program KPR BTN Tapera yang memiliki kelebihan DP sampai 0%,” paparnya.

Selain untuk para ASN yang belum memiliki rumah, Sulistio pun menawarkan kepada para ASN S
senior untuk mengakses program tersebut semisal untuk renovasi rumah.

“Bagi para ASN yang sudah memiliki rumah pun bisa mengakses program ini (KPR BTN Tapera) namun tidak untuk konsumtif namun untuk investasi seperti merenovasi rumahnya,” ujar Sulistio.

Wabup Yana saat memimpin audiensi tersebut menyambut baik program KPR BTN Tapera yang memberikan kemudahan bagi para ASN untuk mengkredit rumah dengan cicilan rendah dan bunga 0%.

“Semoga dengan program ini bisa menjadi alternatif untuk mempermudah bagi yang belum memiliki tempat tinggal,” katanya.

Yana pun mengharapkan kedepannya program tersebut bisa menyasar kepada tenaga sukwan, honorer dan masyarakat umum lainnya untuk mendapatkan rumah impiannya.

“Semoga kedepannya Program Tapera ini bisa dinikmati juga oleh tenaga sukwan, honorer maupun masyarakat umum lainnya,’ harapnya.

Tiga Skema Pembiayaan

Sementara itu, Manajer pemasaran KPR Bank BTN Tasikmalaya, Dadang menguraikan, BTN KPR Tapera ini terbagi atas tiga skema pembiayaan berdasarkan jumlah penghasilan per bulan.

Untuk Kelompok Penghasilan (KP) I dengan penghasilan di bawah Rp. 4 juta akan mendapatkan suku bunga KPR sebesar 5% fixed rate dengan tenor sampai 30 tahun.

Pada KP II dengan penghasilan antara Rp 4 juta-6 juta mendapat bunga KPR 6% fixed rate dengan tenor sampai 20 tahun.

Kemudian, untuk KP III dengan penghasilan antara Rp 6 juta-8 juta dapat mengakses KPR Tapera dengan bunga 7% fixed rate dengan tenor maksimal 30 tahun.

Selanjutnya, ia memaparkan ada beberapa Kelompok Penghasilan (KP) dalam program KPR BTN Tapera.

Untuk KP I, maksimal harga rumah yang bisa diambil antara Rp 112.500.000 hingga Rp. 162.500.000. Sementara untuk KP II, limitnya mulai dari Rp. 150.500.000 hingga Rl. 219.000.000. Kemudian untuk KP III, maksimal harga rumahnya adalah mulai dari Rp. 180.000.000 hingga Rp. 260.000.000.

Zona Wilayah

Rumah yang ditawarkan dalam program KPR Tapera juga terbagi ke dalam lima zona wilayah.

Untuk Zona I meliputi pulau Jawa (kecuali Jabodetabek) dan Sumatera (kecuali Kep. Riau, Bangka Belitung, dan Kep. Mentawai). Untuk Zona II meliputi Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu). Zona III terdiri dari Sulawesi, Bangka Belitung, Kep. Mentawai, dan Kep. Riau (kecuali Kepulauan Anambas). Zona IV terdiri dari Maluku, Maluku utara, Bali, Nusa Tenggara, Jabodetabek, Kep. Anambas, Kab. Murung Raya, dan Kab. Mahakam Ulu. Sementara Zona V terdiri dari Papua dan Papua Barat.

Cara Mendapatkan KPR

Untuk mendapatkan KPR Tapera, para calon peserta harus termasuk dalam tiga kriteria ini, yaitu termasuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), belum memiliki rumah dan menjadi peserta Tapera aktif, serta lancar membayar simpanan selama 12 bulan.

Sementara untuk mengajukan BTN KPR Tapera, syarat yang dibutuhkan antara lain KTP pemohon, KTP pasangan, serta slip atau daftar gaji dari BKD. Apabila data-datanya sudah lengkap, maka dalam 2-3 hari permohonan langsung disetujui.

Menariknya, KPR BTN Tapera ini tanpa melalui proses verifikasi, bebas biaya administrasi dan provisi, serta menawarkan DP mulai dari 0% sehingga memudahkan para nasabah untuk memiliki rumah impian sendiri.

KPR Tapera melengkapi skema pembiayaan perumahan yang ditawarkan oleh Bank BTN. Selain KPR Tapera, Bank BTN juga sebelumnya telah memiliki program KPR FLPP, KPR SSB, dan KPR BP2BT.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 74 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]