Ketua Dekranasda Ciamis Buka Bimtek Kerajinan Bambu

posted in: Kabar Ciamis | 0
Ketua Dekranasda Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat melihat hasil kerajinan bahan kayu dan bambu di sela-sela Bimtek Kerajinan di Gedung Dekopinda Ciamis, 08/09/2021.

Ciamis,- Ketua Dekranasda Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat didampingi Wakil Ketua, Gita Griselda membuka acara Bimtek / Pelatihan Kerajinan Bambu Ciamis di Aula Gedung Dekopinda Kabupaten Ciamis, Rabu, 08/09/21.

Acara Bimtek ini digelar mulai tanggal 08 – 10 September 2021 yang pada hari pertama dihadiri oleh sebanyak 30 orang peserta.

Adapun jumlah keseluruhan peserta berjumlah 90 orang yang di bagi menjadi 3 angkatan.

Jenis pelatihan yang diikuti antara lain pelatihan kerajinan bambu, kerajinan batok kelapa, dan kerajinan kayu.

Dalam sambutan pembuka, Hj. Kania mengatakan bahwa pada dasarnya Dekranasda merupakan lembaga yang bermitra dengan pemerintah dalam membina pengembangan seni kerajinan yang berbasis pada warisan budaya bangsa dan merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada.

“Peranan Dekranasda di tingkat kabupaten/kota diharapkan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk sesuai dengan potensi budaya daerah masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hj. Kania berharap peran Dekranasda bisa memberikan motivasi kepada para pengusaha agar hasil produk masyarakat daerah khususnya Kabupaten Ciamis bisa diperkenalkan,” harapnya.

“Kita harus dapat memperhatikan dan meningkatkan kepentingan perajin dengan mendorong semangat berwirausaha, mempromosikan produk hasil kerajinan baik melalui online ataupun offline,” ujarnya.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, Hj. Kania berharap perlu dilakukan fasilitasi dan pembinaan terhadap para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan dan merk serta pengambilan foto produk dan promosi.

“Dengan keberadaannya, Dekranasda jelas mempunyai peran penting dalam mendorong kreatifitas para pengrajin lokal agar bisa bersaing di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Untuk mendukung tujuan tersebut, Dekranasda Kabupaten Ciamis berupaya untuk memberikan fasilitas dalam peningkatan kualitas produk bagi pelaku usaha kerajinan di Kabupaten Ciamis,” ujar Hj. Kania

Melalui kegiatan Bimtek ini, Ketua Dekranasda berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha, meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru serta meningkatkan daya saing produk yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, pungkasnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

(Visited 58 times, 2 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]